Rio Fernando Blog

Rio Fernando Blog. Blog yag berisi tentang tutorial blog, SEO, travel, history, dan serba- serbi unik.

Knowledge Graphs in a Nutshell

Meskipun knowledge graph seringkali kita temui dalam kehidupan kita sehari- hari di internet, namun, banyak dari kita yang masih belum menyadari keberadaan dari knowledge graph ini. Penggunaan 'asisten' dengan suara (voice recognition) di smartphone merupakan salah satu bukti eksistensi knowledge graph.

Akan tetapi, apakah sebenarnya knowledge graph tersebut?

Sebelum knowledge graph dibahas lebih lanjut, mari kita lihat gambar dibawah ini untuk memunculkan gambaran lebih dalam tentang knowledge graph.

gambaran_mengenai_knowledge_graph
 

 Defenisi

Berdasarkan situs wikipedia.org, Knowledge Graph memiliki arti 'a knowledge base used by Google and its services to enhance its search engine's results with information gathered from a variety of sources'. Sekilas memang kelihatan sulit untuk dipahami, namun knowledge graph bisa disimplifikasi agar lebih mudah dimengerti.

Berdasarkan jurnal Towards a Defenition of Knowledge Graphs, didapatkan tambahan yang berkaitan dengan defenisi knowledge graph.
Journal of Web Semantics mengartikan knowledge graphs sebagai 'knowledge graphs ara large networks of entities, their semantic types, properties, and relationships between entities'.

Secara literal, knowledge graph berasal dari dua kata, yaitu knowledge yang berarti pengetahuan dan graph yang berarti grafik. Kalau diartikan, knowledge graph berarti pengetahuan dalam bentuk grafik. Knowledge graph diciptakan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang dicari (diantara ratusan ribu atau mungkin jutaan artikel) dalam waktu yang singkat dengan bantuan algoritma machine-learning (semantic web lebih tepatnya).

Jadi, knowledge graph merupakan gabungan penyimpanan data dan teknologi semantik, sejenis penyajian informasi berbasis data (dalam bentuk grafik)? Entahlah, pemahaman akan defenisi memang penting, akan tetapi, terlalu banyak bermain dengan defenisi juga memuakkan dan menambah tingkat kebingungan.
  • Semantic Web
    Kata semantik telah disinggung pada paragraf sebelumnya. Semantic berarti 'pengertian dari data tersebut tertulis/terenkripsi dalam kode bersama dengan data- data lainnya dalam grafis, dalam bentuk ontologi'. Apakah (lagi) ontologi itu? Ontologi merupakan istilah dalam dunia ilmu komputer yang meliputi gambaran, istilah, kategori, dan hubungan antara konsep, data, dan wujud yang memperkuat satu atau banyak tulisan.
    Apakah sulit dimengerti? Pada awalnya memang terkesan (sangat) sulit dimengerti. Saya pribadi kesulitan memahami ontologi dengan ilmu komputer. Ontologi sendiri, dalam KBBI, memiliki arti cabang ilmu filsafat yang memiliki hubungan dengan hakikat hidup. Apakah web memiliki pemahaman tersendiri tentang hakikat hidup ini, pikirku.
    Seperti yang mereka katakan,
    scientiest are bad in naming things. 
    Istilah web semantik pertama kali dicetuskan oleh penemu WWW (World Wide Web), Tim Berners-Lee. Secara gamblang, web semantik berarti web bermakna.
  •  Independen
    Web semantik merupakan pengembangan dari machine learning, sehingga ia dapat terus belajar untuk meningkatkan kapasitas pencariannya. Susunan dari knowledge graph sangat fleksibel, dikarenakan dia sangat terbuka dengan informasi- informasi terbaru. Akses pada informasi terbaru membuat knowledge graph dapat diperluas dan direvisi berdasarkan informasi baru yang didapatkan. Hal ini memberikan keuntungan bagi kita yang membutuhkan data yang terus menerus diperbaharui serta memudahkan kita dalam mengatur dan menyimpan data tersebut.
Sebenarnya, Knowledge Graph digunakan oleh banyak perusahaan- perusahaan raksasa berbasis internet seperti Facebook, Microsoft, LinkedIn, dan Google. Namun, artikel ini akan berfokus pada Knowledge Graph milik Google dan 'mengabaikan Knowledge Graph versi perusahaan lain.

 Knowledge Graph Milik Google

Knowledge Graph milik Google pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012, dimulai di Amerika Serikat dan dikenal luas oleh masyarakat internasional pada akhir tahun 2012. 
Informasi dalam knowledge graph ditampilkan di sebelah kanan hasil pencarian oleh Google, atau biasa disebut knowledge panel. Berdasarkan pernyataan dari Google, informasi- informasi tersebut diperoleh dari berbagai sumber, seperti CIA World Factbook, Wikidata dan Wikipedia.
Informasi dari knowledge graph juga digunakan untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan langsung di Google Assistant dan Google Home.
 


Terakhir, supaya pemahamannya lebih sempurna, mari sisihkan waktu untuk menonton video tentang knowledge graph dari Google.

0 Komentar untuk "Knowledge Graphs in a Nutshell"

Peraturan Berkomentar :
1. Harap berkomentar dengan bahasa yang sopan, baik, dan benar!
2. Dilarang berkomentar link mati maupun LINK HIDUP!
3. OOT boleh kok! ^_^
4. Dilarang Berkomentar berbau Por*0 and SARA
Selamat berkomentar! -3-

 
Copyright © 2014 Rio Fernando Blog - All Rights Reserved
template by Catatan Info , redesigned by Rio Fernando